-->

Pilih Tinta Printer Ori Atau Yang Biasa ?

Singkatpedia.com - Tinta printer umumnya memiliki 2 type khususnya di epson, ada yang original dan ada juga yang biasa, Dalam printer selain berkaitan dengan kondisi fisik ada juga yang harus diperhatikan, diantaranya adalah memperthatikan penggunaan tinta. seperti contoh pada printer Epson L Series umumnya merekomendasikan penggunanya untuk menggunakan tinta yang original / orisinil.

Saya sendiri sempat bingung dan bertanya tanya, mengapa harus menggunakan tinta original, apakah memang penggunaan tersebut wajib?. ada beberapa orang yang menyimpulkan bahwa salah dalam memilih tinta itu bisa menjadi sebab kerusakan pada printer dan sampai memunculkan pesan error. tapi pada kenyataanya menurut pengalaman saya, saya belum pernah menemukan kerusakan akibat salah tinta, entah karena pengalaman saya yang kurang atau entah karena berita itu hanya terjadi pada printer epson tertentu.

Pilih Tinta Printer Ori Atau Yang Biasa ?

Ada beberapa error yang sering terjadi pada epson, contohnya adalah Ink Run Out dan Ink Waste Is Full. error tersebut disebabkan oleh banyak faktor, namun perlu ditekankan, bahwa error tersebut tidak ada hubungannya dengan tinta printer. sampai disini bagi anda yang masih bingung, tidak perlu bingung dan takut untuk memilih tinta yang baik untuk printer yang anda miliki. meskipun begitu ada konsekuensi yang harus diterima pada saat menggunakan tinta printer selain tinta original. saya diberitahu oleh tekhnisi printer yang lain bahwa menggunakan tinta printer selain original dapat membatalkan garansi. banyak sekali brand yang bisa kita pakai dalam memilih tinta printer ini

jadi, dengan konsekuensi diatas, apakah keputusan terbaik yang akan di ambil, pilih yang original atau biasa saja. menurut saya sih sudah jelas jika kondisi printer belum lama artinya masih baru, tentu saya hanya akan menggunakan tinta printer original. namun bagi yang masih bingung anda bisa lihat dari kesimpulan berikut, keputusan ada ditangan anda sendiri, tergantung pemahaman dan keinginan akan pemilihan tinta printer.

Harga Tinta Printer
Nah dalam kasus pemilihan tinta manakah yang akan dipakai, pertama adalah dari segi harga, sudah jelas dari harga tinta biasalah yang akan memenangkannya, karena kita tahu bahwa tinta original sendiri jauh melebihi harga tinta biasa, tidak bisa dipungkiri bahwa tinta printer original jauh lebih mahal. dan jika hanya dilihat dari perbandingan harga, tentu orang orang akan memilih tinta biasa saja dibandingkan dengan original.

Kualitas Cetak
untuk perbandingan dari segi kualitas, hasil cetakan dengan menggunakan tinta original bisa kita acungi jempol. selain itu tinta original tidak cepat kering. tidak semua tinta printer non original memiliki kualitas yang sama, ada beberapa tinta yang memang tidak tahan bertahan lama, alias cepat sekali mengering, sangat mudah seklai mengeras pada Nozzle Head yang bisa menjadi sebab penyumbatan atau mempengharuhi hasil kualitas cepat.

untuk memastikan kertas serta tinta yang memiliki kualitas, para vendor OEM telah melakukan pengujian secara ketat, ada satu halaman pengujian yang mana disebutkan bahwa tinta hitam original bisa memberikan hasil yang setara ketika kita menggunakan catridge original. 

Kesimpulan dari topik ini adalah jika memang anda menginginkan hasil cetakan atau mengutamakan kualitas, anda bisa memilih tinta yang original karena hasil cetakan yang tajam, selain itu bisa menyelamatkan garansi ketika printer anda masih  baru dan sudah bermasalah. namun ketika anda tidak mengutamakan kualitas, lebih ke mencari yang lebih murah, tinta biasa / non original sudah cukup untuk digunakan oleh printer anda.

Mohon maaf apabila postingan kali ini di anggap salah, hanya saja saya ingin berbagi pengalaman, terutama dalam hal memilih tinta printer original dan non original. semua orang boleh pendapat, karena masing masing orang memiliki pengalamannya sendiri. terimakasih sudah berkunjung. semoga bermanfaat.

0 Response to "Pilih Tinta Printer Ori Atau Yang Biasa ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel