Tutorial Belajar Dasar HTML Bagi Pemula | Singkatpedia

Jika anda ingin mempelajari cara membuat website sendiri, maka tutorial belajar dasar html untuk pemula adalah langkah awal yang harus ditempuh oleh anda. Tutorial ini dibuat bagi anda yang ingin mempelajari tentang website, sebelum melangkah lebih jauh silahkan anda ikuti praktek praktek yang ada di blog ini secara urut, agar html dasar ini mudah untuk dikuasai, dan untuk melihat daftar isi belajar dasar html silahkan klik disini.

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuat website itu sulit, namun ketika anda belum mencoba siapa tau anggapan tersebut malah sebaliknya, dan pada tutorial html dasar bagi pemula ini saya akan berusaha membuat anggapan anda tertuju pada membuat website itu mudah, tapi sebelum sampai ke tahap itu, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan.

siapapun boleh belajar pemrograman, namun perlu diketahui bahwa HTML ini bukan sebuah bahasa pemrograman, melainkan bahasa markup untuk membuat sebuah website, lalu kenapa yang ingin mempelajari pemrograman web harus mempelajari ini? jawabannya adalah karena HTML merupakan dasar atau pondasi untuk membuat sebuah website. saya yakin anda sudah sering mendengar kata HTML.

Pada tutorial ini saya akan berusaha membuat se sederhana mungkin, agar pembaca lebih mudah mengerti dan tidak bosan belajar web programing, meskipun tutorial ini belum membahas secara keseluruhan dari website itu, namun untuk hal yang mendasar akan didapatkan jika anda serius ingin belajar web programing

Tutorial Belajar Dasar HTML Bagi Pemula | Singkatpedia

Langkah Awal Belajar HTML Dasar

berikut adalah langkah awaln untuk belajar html yaitu:

1. Apa Itu HTML.?

HTML Merupakan kependekan dari hypertext markup language, disana terdapat kata hypertext dan juga markup, dikatakan bahwa dia adalah hypertext, karena dia bukan teks biasa melainkan dia memiliki fungsi lain seperti bisa membuat link, paragrafh dan lain sebagainya. kemudian kata markup karena dia menggunakan penanda / tanda (mark). mark / markup ini nantinya akan kita sebut sebagai tag. pada hal hal yang teoritis saya akan menyempitkan teori nya, karena agar teman teman merasa kurang puas dengan apa yang saya berikan dan bisa mencari lagi di dalam sumber yang lain, disini saya akan mengutamakan praktek, dan menjelaskan secara detail dari apa yang di praktekan.


2. Persiapan Tool Belajar HTML Dasar

apa saja sih tool yang akan kita buituhkan untuk belajar html dasar ini?, jadi tool yang dibutuhkan dalam belajar HTML Dasar ini menurut saya tidak berat dan juga tidak memberatkan, diantaranya adalah


a). Web Browser

web browser merupakan tool wajib yang harus di persiapkan untuk belajar HTML Dasar ini, web browser ini fungsinya untuk menampilkan halaman yang sudah kita buat, contoh dari web browser itu sendiri adalah ya ketika anda membuka halaman ini, pasti itu menggunakan sebuah aplikasi, nah aplikasi itu disebut web browser. anda bisa menggunakan web browser yang menurut anda nyaman, misalnya Google Chrome, Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera dan masih banyak lagi


b). Text Editor

text editor digunakan untuk menulisakn source code kita, jadi nantinya kita akan menulis bahasa HTML ini didalam sebuah text editor, text editor ini banyak sekali jenisnya yah, namun silahkan anda untuk memilih text editor sendiri, dan tutorial yang akan saya pakai di seri ini yaitu sublime text 3, contoh beberapa text editor yang dapat digunakan adalah, notepad++, sublime text, visual studio code, atom dsb, namun jika anda kesulitan untuk mendapatkan aplikasinya, saya akan sediakan linknya, silahkan komentar saja bagi yang butuh, namun apabila tidak ingin menginstall dari semuanya, anda bisa menggunakan text editor bawaan dari windows (bagi yang menggunakan windows) yaitu notepad, bisa di cari di Start - Windows Accessoris - Notepad (Untuk Windows 10)


c). Mental dan konsistensi belajar

yang terakhir adalah mental dan konsistensi belajar, dalam mempelajari sesuatu hal itu tidaklah mudah, dibutuhkan konsisten didalamnya, mengapa saya bahas ini di point terakhir, karena biasanya orang akan bersemangat di awal dan stuck di tengah tengah, mental sangat diperlukan apalagi jika anda ingin menjadi seorang programer, untuk sampai ketahap itu anda akan di uji dengan berbagai permasalahan setiap harinya, jadi agar hasil belajar kita tidak sia sia silahkan anda belajar konsistne pada pilihan anda salah satunya adalah anda akan belajar HTML dasar ini dengan sungguh sungguh.

mungkin itu prasarat sebelum kita belajar HTML dasar, bisa dibilang ini adalah pendahuluan sekaligus pengenalan dalam tutorial belajar html dasar bagi pemula, dan kita akan tetap mengenali html ini lebih jauh lagi dalam tutorial tutorial yang akan datang, saya pamit undur diri, terimakasih atas perhatian dan kunjungannya, bila ada saran dan kritik silahkan sampaikan dengan bijak di kolom komentar. sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Posting Komentar untuk "Tutorial Belajar Dasar HTML Bagi Pemula | Singkatpedia"