Cara Kerja C++


SINGKATPEDIA.COM - materi kedua yaitu mengenai cara kerja dari C++. Sebelum melangkah jauh ke program ada baik nya kita pelajari terlebih dahulu bagaimana cara c++ bekerja. Agar nanti ketika belajar lebih jauh akan mudah. 

Jadi dalam konsep pemrograman apa pun itu, ada yang disebut source file ada juga yang menyebutnya source code, nah source code tersebut adalah instruksi yang kita buat dalam bahasa pemrograman tertentu. Misal source code yang dibuat dalam bahasa C++. Source code tersebut agar dapat berjalan sesuai dengan harapan kita pada komputer kita, itu dibutuhkan sebuah compiler.

Sebelum masuk ke compiler saya akan sedikit membahas terlebih dahulu bagaimana kita bisa membuat source code atau alat apa yang dibutuhkan saat membuat source code. Yang dibutuhkan untuk membuat source code adalah text editor. Dimana text editor ini banyak sekali, teman teman bisa menggunakan sublime text, notepad++, dsb.
Setelah teman teman membuat source code alat yang dibutuhkan selanjutnya adalah compilera. Yang dimana compiler berfungsi sebagai penterjemah dari bahasa pemrograman kedalam bahasa yang di mengerti komputer / bahasa assembly.

atau jika teman teman ingin yang satu set software yang didalamnya terdapat text editor sekaligus dengan compiler nya, teman teman bisa menggunakan codeblock, Dev c++, turbo c++ dan lain lain.

Komputer hanya akan bisa mengerti bahasa assembly tanpa adanya compiler komputer tidak akan mengerti apa itu if, apa itu else dan lain lain. Compiler ini saya biasa ibaratkan dengan kamus. Misalkan ada source file yang berbahasa Indonesia, source file tersebut agar bisa dimengerti oleh pengguna, misal dari negara Inggris. Nah si compiler tersebut merubah bahasa yang awalnya bahasa Indonesia di rubah menjadi bahasa Inggris, begitupun jika source code bahasa Indonesia akan di gunakan oleh pengguna dari negara Jerman, maka harus di compile kedalam bahasa jerman. 

Setelah melewati fase compile, maka akan keluar executable. Executable tersebut keluar sesuai platform yang digunakan. Misalkan compiler untuk platform Windows maka yang akan keluar adalah *.exe untuk android androi *.apk dan lain sebagainya.

Kesimpulan nya adalah cara kerja c++ agar bisa dijalankan itu berawal dari source code yang bisa kita buat dengan text editor dan setelah itu mengcompile nya sehingga menghasilkan executable. Dan program siap untuk di eksekusi.

Sekian yang dapat saya sampaikan apabila terdapat kesalahan. Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Silahkan jika ada yang ingin ditanyakan cantumkan di kolom komentar. Terimakasih atas perhatiannya.

Posting Komentar untuk "Cara Kerja C++"