-->

Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Adobe Photoshop

Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Adobe Photoshop Tanpa mengurangi Kualitas sedikitpun - Memang semakin tinggi ukuran foto semakin bagus juga kualitasnya, tapi dibalik itu ukuran foto yang besar bisa membuat memori penyimpanan kita sesak. apalagi sudah beribu ribu fotonya, tidak terbayang jika 1 foto berukuran 5 Mb. 



Artikel ini dibuat ketika guru saya di smk mengalami kesulitan pada saat melakukan upload persyaratan, persyaratan yang di upload berupa foto, dan foto yang di upload tidak boleh melebihi 3mb, namun, foto yang dimiliki oleh ibu ini ternyata ukurannya mencapai 5 Mb. kebetulan sekali, beliau menghubungi saya untuk mencoba melakukan operasi pada foto tersebut, saya merupakan anak didiknya yang kebetulan dekat, namun sayangnya saya belum pernah bertemu dalam jam KBM dengan beliau dikelas, karena beliau saat itu tidak kebagian tugas di jurusan yang saya ambil. udahlah masalah ini ngga penting untuk dibahas wkwkwk :v.

Nah, sudah beberapa cara dilakukan, memang ukuran foto mengecil, tapi yang jadi masalah kualitas foto pun ikut mengecil. berputar putar bagaimana caranya agar kualitas tidak ikut turun, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan software Adobe Photoshop, karena pada saat melakukan save, software ini bisa melakukan pengaturan ukuran yang akan didapatkan, alhasil berhasil. dan saya putuskan untuk membagikan cara ini didalam tulisan saya, dan saya juga sudah meminta ijin untuk melakukan upload foto beliau, dan di kasi ijin. Terimakasih bu.!

Langsung saja ke cara caranya agar tulisan ini tidak terlalu panjang dan membosankan. sekarang saya akan memperlihatkan terlebih dahulu size sebelum foto ini di edit. size foto ini awalnya 5,84 Mb.

Langkah pertama yaitu anda buka dahulu software adobe Photshop nya, saya disini menggunakan adobe potoshop CS6 untuk memperkecil ukuran foto, berikut ini tampilan lembar kerja nya

Setelah lembar kerjanya terbuka, silahkan anda masukan foto nya kedalam potoshop cs6 nya yang akan diperkecil ukurannya, dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + O, kemudian cari foto yang akan di edit, sehingga terlihat seperti ini. Note: Jangan Salah Fokus Pada Fotonya, Fokus Saja Pada Tutorialnya

Nah, jika sudah dimasukan anda tidak usah melakukan apa apa, jika memang tidak adyang ingin di rubah, silahkan anda klik File - Save As Sehingga akan terbuka pop up seperti berikut.

silahkan anda berinama, terserah mau nama apa saja, asal tidak sama dengan nama foto sebelumnya, karena untuk melihat hasil ukuran foto yang sudah diperkecil dengan adobe photoshop ini, setelah itu klik save, dan akan muncul pop up seperti berikut

Silahkan anda sesuaikan settingannya sesuai kebutuhan, bisa juga anda lakukan settingan yang sama dengan saya seperti pada gambar di atas, setelah itu silahkan anda klik OK. berikut ini adalah hasil akhir ukuran yang saya dapatkan ketika memperkecil ukuran foto di adobe photoshop cs6

Bagaimana hasilnya? cukup turun kan ukurannya, silahkan anda lihat foto yang sudah di perkecil, apakah mengalami penurunan kualitas?, menurut saya tidak ada penurunan dalam segi kualitas. mungkin demikian postingan cara memperkecil ukuran foto di adobe photoshop, saya mengucapkan terimakasih kepada beliau, karena berkat beliau memberikan tugas ini saya menjadi punya pengalaman baru terutama dalam penggunaan adobe photshop. semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Adobe Photoshop "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel