-->

Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

Singkatpedia.com - komputer merupakan alat yang sudah ditentukan ketelitiannya, oleh karena itu tak jarang komputer sudah digunakan dalam berbagai aspek, hususnya digunakan untuk membantu mempermudah serta mempercepat pekerjaan manusia. Komputer yang memiliki kinerja yang cepat dan lancar pastinya sangan diinginkan oleh setiap pengguna komputer, namun terkadang malah sebaliknya, bagi pengguna komputer awam mungkin akan kesusahan bila menemukan sebuah permasalahan, oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengatasi sesuatu yang berhubungan dengan komputer.

Pada topik kali ini saya akan mengangkat cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri, atau bisa juga dikatakan bahwa terkadang tiba tiba komputer mati dan hidup kembali. memang permasalahan komputer yang secara tiba tiba mati itu adalah permasalahan yang cukup merepotkan, karena tidak bisa langsung memastikan komponen yang rusak harus dilakukan sebuah diagnosa terlebih dahulu. bisa dibayangkan ketika anda sedang melakukan pekerjaan dengan komputer, contoh saja mahasiswa yang sedang mengerjakan sebuah laporan, namun tiba tiba komputer tersebut mati sendiri, dan laporan yang sedang dikerjakan belum tersimpan, bagaimana rasanya? sakit bukan? hehe. tapi tenang saja disini saya akan fokus untuk membahas penyebab komputer sering restart sendiri beserta dengan cara mengatasinya

Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

Komputer Sendir Restart Sendiri

Jadi ada beberapa penyebab yang harus anda ketahui mengenai komputer yang sering restart sendiri, hal ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, semoga saja apa yang saya akan paparkan dapat membantu permasalahan sobat. berikut adalah penyebabnya

Prosessor Panas (Overheat)

jika komputer anda mengalami restart sendiri, sebaiknya yang pertama anda cek adalah keadaan prosesor, karena prosesor merupakan inti dari komputer, apabila prosesor ini bermasalah maka semua komponen tidak dapat bekerja secara maksimal, ada beberapa cara untuk mengecek keadaan prosessor ini, ada yang melalui bios dan ada yang langsung di cek bagian hardwarenya, untuk saya sendiri lebih cenderung terhadap pengecekan secara langsung, karena untuk mempercepat proses pengerjaan dan hasil diagnosa yang pas. bagaimana caranya?. 
caranya adalah dengan membongkar komputer, kemudian dalam keadaan terbuka, silahkan nyalakan komputer, dan lihat pada sebuah heatsink komputer (Kipas Komputer), apabila heatsink tersebut mati, sudah jangan lihat ke bagian lain, karena sudah pasti ini disebabkan karena prosesor kepanasan.

Power Supply Kekurangan Daya

Jika prosesor dirasa tidak bermasalah, maka penyebab lain komputer sering mati sendiri adalah pada PSU yang tidak bekerja secara maximal yang mengakibatkan kekurangan daya listrik yang dialirkan pada seluruh komponen komputer, ketika komponen komputer mengalami kekurangan daya, maka yang terjadi akan mengurangi kinerja komputer bisa down sehingga lama kelamaan akan hang dan mati dengan sendirinya. biasanya ini juga disebabkan oleh kipas pada PSU. untuk mengetahuinya bisa langsung dengan merasakan dibagian kipas PSU, apakah kipas masih berputar tidak normal atau bahkan mati. selain cara itu, dengan merasakan suhu pada bagian body PSU. apabila memang terlalu panas maka telah terjadi kerusakan pada PSU. saran langsung saja diganti ke yang baru dan yang memiliki voltase yang cukup untuk komputer anda

Harddisk Bermasalah

Penyebab komputer sering restart sendiri selanjutnya adalah harddisk yang bermasalah, biasanya terdapat sector yang rusak atau biasa kita sebut dengan istilah bad sector. apabila hardisk sudah mengalami bad sector ada beberapa faktor yang terpengaruhi seperti software komputer yang sering not responding, dan melemahnya kinerja komputer, sering hang, bahkan yang lebih parahnya komputer tidak bisa booting ke home screen. 

Kerusakan pada VGA

kerusakan pada VGA juga bisa menjadi penyebab komputer sering restart sendiri, tidak jauh dengan keadaan yang dialami prosesor, yaitu overheat terhadap komponen VGA, umunya yang sering terjadi pada VGA yang bersifat Off Board, kipas yang bermasalah memungkinkan akan terjadi perubahan suhu yang signifikan, yang lebih parahnya, selain komputer sering restart sendiri, terkadang dibeberapa kasus, komputer tidak menampilkan output secara maksimal / tidak normal.

Kerusakan pada RAM 

yang terakhir yaitu kerusakan pada RAM, RAM adalah komponen penting pada komputer, dimana fungsi ram ini adalah sebagai penunjang kinerja dari sebuah aplikasi, kerusakan yang belum parah biasanya akan membuat komputer sering restart sendiri, namun jika sudah parah dan tidak terbaca sama sekali biasanya itu berakibat tidak tampil ke monitor. lakukanlah pengecekan / perawatan pada RAM, setidaknya 2 minggu sekali, anda bisa membersihkan area kaki kaki ram (Kuningan) dengan cairan pembersih atau bisa juga dengan menggunakan kayu putih sampai karat yang berada di kaki RAM sudah bersih.

Sebenarnya jika dilihat dari uraian di atas, cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri itu tidaklah sulit, hanya dibutuhkan keberanian untuk membongkar setiap komponen, karena ketika saya terjun didunia service komputer, jika tidak ada keberanian maka masalah yang memang mudah malah akan bertambah sulit. nah, jika anda merasa kebingungan anda bisa meninggalkan komentar nya dibawah dan tulis pertanyaannya. semoga pengalaman saya bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan yang sedang anda hadapi. dan semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel